Sabtu, 12 November 2016

NHW # 4 MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH

Bidang ilmu yang paling saya sukai adalah membantu masyarakat terutama ibu2 untuk mengembangkan produktivitas ekonomi

Peran : fasilitator 

Ilmu yang harus dikuasai

Untuk menjadi seorang fasilitator, saya harus menguasai beberapa ilmu dasar seperti: 
1. Ilmu dasar fasilitator : 
Mass communication : bagaimana berkomunikasi yang baik dan efektif dengan orang lain atau masyarakat
Teknik fasilitasi : teknik dan metode yang benar untuk memfasilitasi/mempermudah kebutuhan orang lain atau masyarakat
Psikologi masyarakat : penting dipelajari agar hubungan dengan masyarakat berjalan dengan baik dan meminimalisasi masalah2 yang mungkin timbul
2. Ilmu praktis yang penting:
Public relation : bagaimana membuat dan menjalin relasi deng pihak2 yang dapat membantu masyarakat (pemerintah maupun swasta)
Marketing : bagaimana menjual produk atau menawarkan kerja sama dengan pihak2 untuk mengembangkan dan memberdayakan masyarakat
3. Ilmu monitoring dan evaluasi :
Agar dapat menilai seberapa besar efektivitas dan keberhasilan dari metode dan usaha yang dilakukan


Karena saya membatasi pada bidang kerajinan, maka saya pun harus menguasai teknik2 membuat kerajinan tangan dari hulu ke hilir.
Bagaimana dan dimana dapat memperoleh bahan dasar, bagaimana dan di mana belajar?

Milestone
Saya sudah memulai menjalankan peran ini tahun 2011, saat saya masih 21 tahun. Namun, sempat terkendala karena saya harus pindah tempat tinggal. Oleh karena itu, saya akan memulainya lagi di lingkungan masyarakat di tempat tinggal saya saat ini.
KM 0 pada usia 27 tahun
KM 0-KM2: menguasai ilmu dasar untuk seorang fasilitator : mass communication, teknik fasilitasi, psikologi masyarakat
KM 2-KM4: menguasai ilmu public relation dan marketing
KM 4-KM5: menguasai ilmu monitoring dan evaluasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar