Sabtu, 19 November 2016

NHW # 5 BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR

Sebagai orang tua, kita harus siap berperan sebagai pemandu, teman bermain anak, dan sahabat yang siap mendengarkan anak-anak kita (*marei matrikulasi 5). Saya akan mencoba membuat desain pembelajaran untuk diri saya sendiri dan anak (dengan pengetahuan yang masih sangat dangkal) :

1.       Merumuskan topik dan tujuan pembelajaran
Semacam visi misi, jika topik dan tujuan pembelajaran sudah jelas maka proses pembelajaran akan lebih terarah dan fokus untuk mencapai tujuan tersebut (tidak akan melebar ke pembelajaran yang tidak berkaitan).

2.       Membuat timeline pembelajaran disesuaikan dengan tujuan dan target yang ditetapkan

3.       Observasi dan analisis bakat dan hal yang disukai
Hal ini dilakukan untuk menentukan bidang ilmu yang akan dipelajari berdasarkan hal yang disukai. Dengan demikian akan lebih mudah menumbuhkan rasa suka untuk mempelajari bidang ilmu tersebut.

4.       Pemilihan media dan metode pembelajaran yang berbeda
Dengan media dan metode yang berbeda, maka kita akan lebih mudah mengingat materi pembelajaran yang disampaikan dan akan lebih mudah mencapai tujuan pembelajaran.
Metode yang diterapkan akan lebih banyak pada praktik daripada teori (learning by doing), di tempat yang berbeda (tidak melulu di satu ruangan tetapi bisa di taman dan tempat lain yang menyenangkan serta sesuai dengan materi pembelajaran yang sedang dipelajari), memancing anak untuk membuat banyak pertanyaan.

5.       Evaluasi proses dan hasil pembelajaran

6.       Membuat perbaikan desain pembelajaran berdasarkan evaluasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar