Selasa, 06 November 2012

Catatan Mangunan 3 [Kebun Buah]


Kebun Buah Mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul dan 35 km dari pusat Kota Jogja. Lokasi ini mulai dibangun oleh Permerintah Kabupaten Bantul pada tahun 2003 di atas tanah seluas 23,3415 hektar pada ketinggian 150-200m di atas permukaan laut.

Lokasi wisata ini bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Jogja dengan melewati jalan Imogiri. Sesampai di kota Kecamatan Imogiri, perjalanan diteruskan melewati jalan Imogiri - Dlingo  dengan jarak sekitar 5 kilometer yang harus dilalui dengan ekstra hati-hati  karena jalannya yang berkelok-kelok dan terjal. Kalau kamu  masuk lewat jalur timur  melalui Kecamatan Patuk Gunungkidul, dari perempatan Patuk mengambil jalan Patuk-Dlingo, kemudian sampai di pertigaan yang ada pohon beringinnya di Muntuk belok ke kanan melewati Hutan Pinus .Sesampai di ujung hutan pinus kita belok ke kiri menuju lokasi sekitar 2 km.

Titik ketinggian tersebut membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan indah Pegunungan Seribu. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dari Kebun Buah Mangunan yaitu Pantai Parangritis pada bagian selatan, pemandangan Kota Bantul yang berada di bagian barat serta keelokan Sungai Oyo yang sangat curam. Kita juga dapat menjumpai populasi monyet yang juga terdapat di lokasi ini. Kita akan melihat berbagai macam buah-buahan yang ditata dengan apik sesuai dengan kondisi kemiringan bukit Mangunan antara lain  durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, serta manggis.

Di samping itu, terdapat pula buah-buahan lain yang jumlahnya relatif sedikit seperti  matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak dan belimbing. Untuk menambah kesejukan selain tanaman buah-buahan terdapat pula tanaman jati, king grass, pagar hidup berupa salak, magium dan pinus. Di area Kebun Buah Mangunan ini  juga terdapat pembibitan sapi.Tujuan pembibitan sapi ini selain untuk menambah populasi ternak sapi juga agar terjadi siklus yang berkesinambungan antara ternak sapi yang menghasilkan pupuk kandang untuk pemeliharaan tanaman buah-buahan di Kebun Buah Mangunan. Sedangkan fasilitas yang dimiliki oleh kawasan wisata ini antara lain Penginapan / homestay, Gedung Pertemuan, Kolam Renang, serta Kantor Manajemen sehingga Kebun Buah Mangunan menjadi salah satu agrowisata unggulan di Yogyakarta bagi peminat dan pemerhati pertanian.

Fasilitas lainnya adalah kebun buah, area outbound, atraksi flying fox, sepeda air, wisata petik buah, kolam pemancingan, Kolam Renang Anak, Kolam Ikan, Repling Area, Area Kapling Buah-buahan, Rest Area, Peternakan Kambing, Circle Track, Trail Track. Fasilitas  yang paling menarik untuk melihat pemandangan alamnya adalah Gardu Pandang .Kamu bisa  melihat pemkamungan yang sangat indah anatara lain Berkelok-keloknya Sungai Oyo dan Pegunungan Seribu di sekitarnya serta perkampungan penduduk  yang terlihat smar-samar di bawahnya. Selain itu, ada rumah kaca yang digunakan untuk pertanian hidroponik.

Kebun Buah Mangunan ini sangat cocok untuk wisata keluarga, pertemuan (meeting), pelatihan, wisata pendidikan lingkungan, outbond, dan lain-lain. Jadi kalau kamu ingin sejenak melepaskan kepenatan bersama keluarga sambil memberi pengetahuan lingkungan pada anak-anak, Kebun Buah Mangunan adalah pilihan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar