Selasa, 06 November 2012

Catatan Mangunan [Wisata Mangunan]



Mangunan, sebuah desa di Kecamatan Dlingo, Bantul, DIY. Kawasan ini terletak sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Jogja. Desa ini memiliki beberapa tempat yang seru untuk dikunjungi (baca: wisata). Ada Goa Gajah, Sumber Bengkung, Hutan Pinus, dan Kebun Buah Mangunan. Selain itu, kita bisa mengunjungi beberapa home industry kerajinan kayu (souvenier / mebel), kerajinan bambu, dan pengrajin makanan khas Mangunan (tiwul ayu dan makanan olahan singkong lainnya). Seperti apa tempat-tempat tersebut? Mari kita simak sedikit gambaran tentang Mangunan! 

Bagaimana Cara ke Mangunan?
Mangunan bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Jogja dengan melewati jalan Imogiri. Sesampai di kota Kecamatan Imogiri, perjalanan diteruskan melewati jalan Imogiri - Dlingo  dengan jarak sekitar 5 kilometer yang harus dilalui dengan ekstra hati-hati  karena jalannya yang berkelok-kelok dan terjal. Kalau kamu  masuk lewat jalur timur melalui Kecamatan Patuk Gunung Kidul, dari perempatan Patuk mengambil jalan Patuk-Dlingo, kemudian sampai di pertigaan yang ada pohon beringinnya di Muntuk belok ke kanan melewati Hutan Pinus. Ujung hutan pinus itu sudah masuk kawasan Mangunan. Jadi, tinggal tentukan aja mau ke mana? (Lihat papan penunjuk arah :p)
konsep segitiga wisata Mangunan [gambar ini dibuat oleh Mas Ilul]
Kalau mau ngadain acara bareng temen-temen atau keluarga atau rekan kerja beberapa hari di Mangunan dan butuh homestay, bisa langsung menghubungi Mas Ilul (087739339636/08562976060). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar