Selasa, 06 November 2012

Catatan Mangunan 4 [Hutan Pinus]



Mencari tempat sejuk untuk liburan atau refreshing bersama keluarga di daerah Jogja?

Kalau memang tempat seperti itu tempat yang kamu cari, kamu perlu mencoba datang ke Hutan Pinus Mangunan. Hutan ini merupakan hutan lindung dengan tanaman utama : PINUS. RPH Mangunan yang lebih sering disebut Hutan Pinus Mangunan ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul. Kawasan RPH Mangunan cukup luas (mencakup Desa Mangunan, Muntuk, dan Terong) tetapi yang lebih sering dikunjungi wisatawan adalah area di Desa Mangunan.

Apa saja yang bisa diperoleh ketika datang di hutan pinus ini?
1. Pemandangan alam yang mempesona
Tempat ini cocok untuk foto-foto (mau narsis, foto bareng temen2, keluarga, de el el ^^). Sekedar info : karena pesona yang luar biasa dari tempat ini, sering ada yang memanfaatkan hutan pinus untuk foto pre wedding. Ada juga yang shooting film di area ini.

2. Udara sejuk
Di siang hari dengan terik matahari yang menyengat, silakan masuk ke kawasan hutan pinus dan rasakan bedanya! :p   Berasa di ruang ber-AC dengan aroma alam yang sangat sejuk looh :)
3. Puncak pesona becici
Ada tempat yang agak tinggi di kawasan Hutan Pinus Mangunan. biasanya disebut Puncak Pesona Becici. Sebaiknya datang ke tempat ini malam hari. Kita bisa melihat seluruh kota Jogja dan Bantul dari tempat ini. Lampu-lampu kota di malam hari terlihat seperti bintang. Boleh dibilang,,bagaikan langit yang terbalik. Kenapa? Karena dari tempat ini seolah-olah kita melihat langit dengan ribuan bintang di bawah kita. Amazing! :))

4. Goa Lanang
Ada goa di kawasan Hutan Pinus Mangunan. Maaf, agak lupa cerita tentang goa ini,,tentang  asal usul nama Goa Lanang. Konon, di dalam goa ini banyak bentuk-bentuk alat kelamin laki-laki makanya disebut goa lanang (lanang = laki-laki, red).

5. Sumber Bengkung
Di kawasan hutan pinus ada objek wisata religi yang terkenal dengan nama Sumber Bengkung. Bengkung merupakan sumber mata air. Masyarakat percaya bahwa air dari bengkung adalah air suci. Sejarah Bengkung ada kaitannya dengan Sultan Agung Yogyakarta dan makam Raja-Raja Imogiri. (tentang ini akan kita kupas tuntas lain waktu ^^v)

6. Ada jalur tracking
Saat ini jalur tracking di Hutan Pinus Mangunan masih berupa jalan setapak. namun, sudah bisa dimanfaatkan. jadi bagi penggemar tracking silakan datang dan nikmati fasilitas yang ada.

Sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa diperoleh ketika datang ke Hutan Pinus Mangunan. Silakan kunjungi dan buktikan sensasi hutan pinus secara langsung. jangan lupa ajak keluarga dan teman kalau mau ke sana. Jangan khawatir karena ada tempat parkir yang sudah dikelola. Cukup bayar retribusi parkir ke tukang parkir,,kendaraan aman J. Trus, saat ini belum ada retribusi / tiket masuk kawasan hutan. Jadi gratis tis tisss...

Oh ya, hutan pinus ini selain sebagai hutan lindung juga menghasilkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar berupa getah pinus. Ada beberapa masyarakat yang melakukan penyadapan getah pinus tentu saja dengan seizin pengelola RPH Mangunan.

Ayo ayo buruan datang ke hutan pinus! You'll get a great experience there.. Perlu dicatat nih,jangan mengotori hutan ya? Kasian.. Tuh hutan sudah melindungi bumi kita, jadi semestinya kita pun menjaganya.

[#jangan buang sampah sembarangan. kalau bawa makanan ke sana, sampahnya disimpan dulu saja karena memang belum tersedia tempat sampah ;)]

Gimana cara ke hutan pinus?

Gampang.. Dari Kota Jogja menuju ke Imogiri. Dari Imogiri,naik aja terus ke arah Kebun Buah Mangunan. Jalannya cukup berliku-liku dan banyak tanjakan+turunan tapi seruuuuuu... Terus aja sampai Kantor Lurah Desa Mangunan. Nah dari situ naik lagi sekitar 500 meter sudah masuk kawasan Hutan Pinus Mangunan.

1 komentar: