Kamis, 15 November 2012

Catatan Mangunan 6 [DANCING TREES]

Pernah melihat pohon-pohon bergoyang atau menari?
Masih belum beranjak keluar dari Mangunan. Masih dengan para relawan Workcamp IIWC di Mangunan September 2012. Setelah menikmati Green Canyon-nya Indonesia, kami menuju ke tempat lain. Hutan Pinus Mangunan. Relawan terlihat tidak begitu tertarik. Kecewa. Lagi.


 “Hutan Pinus Mangunan juga menjadi salah satu potensi wisata Mangunan,” saya mulai menjelaskan.
It’s just forest and it’s just pine tree,” kata seorang relawan asing dengan nada datar.
“Ini hal yang biasa dan tidak ada yang menarik. Bagaimana mungkin menjadi tempat wisata?” kata seorang relawan yang lain.
“Tapi pada kenyataannya banyak orang mengunjungi tempat ini. Meskipun hanya untuk menikmati suasana, udara segar, berfoto ria atau bahkan foto pre wedding dan pembuatan film….” protes saya.
Ternyata mereka melihat tempat ini dari sudut pandang yang berbeda dengan saya. Menurut saya, Hutan Pinus Mangunan berpotensi untuk dijadikan objek wisata. Tempat ini menarik. Saya tidak dapat menjumpai tempat seperti ini di banyak tempat lain.
“Di Indonesia tidak dijumpai pohon pinus di banyak tempat,” saya mencoba mencairkan suasana.
Kami hanya duduk dan menikmati suasana dalam diam beberapa saat.
Look! They are dancing…” kata seorang relawan sambil melihat ke atas dan menunjuk pohon-pohon yang bergerak tertiup angin.



Suasana mulai cair dan hangat dengan diskusi ringan. Kami pun mulai ber-andai-andai dan  menyampaikan ide-ide tentang tempat ini. Kami, para relawan mulai menemukan ketertarikan pada tempat sederhana ini dengan cara berpikir dan sudut pandang masing-masing. Saya lega.
“Pohon-pohon pinus di sini berbaris rapi. Menjulang tinggi, lurus seperti pohon bambu dan bergerak tertiup angin. Mungkin itu daya tarik hutan pinus ini. Itu yang membedakan pinus di negara kami.”


“It’s better to make a small cottage here..”
“Make it clean…” [maklum, masih banyak sampah yang tidak enak dipandang  :p]
“No drugs, no alcohol, no sex…” [nah, loh… :D]


“Sepertinya menyenangkan berlibur di sini bersama keluarga.”

“It’s not just a pine forest. We can enjoy the DANCING TREES here!”

1 komentar: